Kode Etik Distributor


BAB I 

PENDAHULUAN 

 

 Kode Etik Distributor HERBALLOVE NUSANTARA JAYA ini bukan hukum, melainkan sebagai suatu rangkaian ketentuan serta prinsip-prinsip tertentu berkaitan dengan hak dan kewajiban serta tanggung jawab seorang Distributor dalam mengembangkan bisnis di PT HERBALLOVE NUSANTARA JAYA melalui system Multi Level Marketing (MLM). 

 Disisi lain ketentuan-ketentuan ini di maksudkan untuk melindungi serta menjaga keharmonisan para Distributor dalam menjalankan aktifitas sehingga akan terbentuk Distributor yang mandiri sesuai dengan visi, misi dan nilai nilai HERBALLOVE NUSANTARA JAYA. Untuk itu setiap Distributor wajib untuk memenuhi ketentuan –ketentuan ini. 

        Kode Etik ini bertujuan untuk memberikan kepuasan serta perlindungan kepada para Distributor di dalam mengembangkan bisnis ini serta meningkatkan citra umum Perusahaan dalam ruang lingkup kegiatan Multi Level Marketing pada khususnya dan direct selling pada umumnya.  Guna mendukung kegiatan bisnis kepada para Distributor, maka Perusahaan memberikan kebebasan mengembangkan bisnis ini kepada siapa saja tanpa ada perbedaan satu sama lain serta menjunjung tinggi hak para Distributor sepanjang tidak bertentangan dan atau melanggar ketentuanketentuan serta peraturan-peraturan, baik dalam Kode Etik maupun perundangan umum lainnya yang berlaku.  

Hubungan antara Distributor dengan Perusahaan adalah suatu hubungan yang terjalin melalui perjanjian akad yang tersirat dalam Persyaratan Rukun Muamalah (Hukum Jual Beli) serta tuntutan yang telah ditetapkan lebih lanjut dalam pedoman usaha melalui Marketing Plan. Selain itu juga perusahaan menjamin independensi para Distributor dalam aktifitas sepanjang masih dalam koridor serta tata aturan yang berlaku. 

Independensi dimaksudkan untuk mendukung kebebasan berbisnis para Distributor dalam mengembangkan usaha sepanjang aktifitasnya tidak menimbulkan dan atau mempengaruhi dan atau menimbulkan ketidak harmonisan / keresahan diantara para Distributor, Leader ataupun Herabllove Success System. 

Guna melindungi maksud dan tujuan dari Marketing Plan maka Perusahaan mempunyai hak penuh untuk merubah, memperbaharui dan ataupun menambah serta menghapus semua dan ataupun sebagian dari pada ketentuan ini bilamana diperlukan. 

 

BAB II 

DEFINISI 

 

Untuk menyamakan pengertian dalam rangka memahami ketentuan-ketentuan ini maka dipandang perlu untuk memberikan penjelasan beberapa istilah dan pengertian di gunakan dalam ketentuan-ketentuan Kode Etik ini.Yang dimaksud dengan: 

  • Perusahaan: adalah PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA suatu Perseroan Terbatas yang didirikan berdasarkan hukum di Negara Republik Indonesia dan berkedudukan di BEKASI. 
  • Distributor: adalah orang yang memenuhi syarat-syarat keanggotaan sebagaimana ditetapkan oleh Perusahaan dan telah terdaftar secara resmi serta mempunyai hak dan kewajiban yang telah di tetapkan oleh Perusahaan. 
  • Masa Keanggotaan Distributor: adalah seumur hidup. 
  • Bisnis: adalah suatu kegiatan usaha wiraswasta mandiri untuk menjual produk-produk resmi HERBALLOVE NUSANTARA JAYA termasuk juga merekrut dan membina anggota, yang dilakukan oleh Distributor. 
  • Stockis Center (SC): adalah pusat informasi dan pelayanan bisnis HERBALLOVE NUSANTARA JAYA yang sah di suatu daerah tertentu dimana berfungsi sebagian pendistribusian produk dan informasi. 
  • Marketing Plan:  adalah Generator Income Plan merupakan program / system yang di rancang dan diterapkan oleh Perusahaan sebagai rencana Pemasaran (Marketing Plan) berkaitan dengan metode memperoleh imbalan terhadap bisnis ini.  Dimana di dalam program ini diberikan keterangan tata cara menjalani bisnis / usaha di PT HERBALLOVE NUSANTARA JAYA, tata cara perhitungan perolehan / masukan penghasilan yang di dapat oleh Distributor.   
  • Perusahaan berhak untuk menyempurnakan marketing plan sesuai perkembangan MLM demi kepentingan bersama antara Distributor dan Perusahaan. Program ini merupakan bagian yang melekat dan tidak terpisahkan ( Integral ) dari Kode Etik ini. 
  • Member Kit:  adalah panduan yang diberikan oleh Perusahaan kepada Distributor baru yang berisi antara: Profile Company, Visi Misi, Kode Etik, Marketing Plan, Daftar Harga, Katalog dan deskripsi Produk. 
  • Upline: adalah Distributor yang melakukan perekrutan dengan penuh tanggung jawab serta mensponsori Distributor lain di bawahnya. 
  • Downline:  adalah Distributor yang direkrut dan atau di sponsori oleh seseorang Distributor yang masa keanggotaannya masih berlaku dan sesuai dengan prosedur / peraturan perekrutan. 
  • Sponsor: adalah Distributor yang memperkenalkan kepada Perusahaan seorang calon Distributor dan kemudian calon Distributor menjadi Distributor setelah aplikasi permohonannya di setujui oleh Perusahaan. 
  • Konsumen: adalah pembeli akhir ( bukan Distributor ) dari produk-produk HERBALLOVE dengan tujuan untuk dipakai sendiri. 
  • Produk: adalah semua barang dan jasa, termasuk bahan bacaan dan materi pendukung dan atau alat Bantu usaha lainnya, yang disediakan oleh dan atau atas nama Perusahaan yang di perjual belikan kepada Distributor. 
  • Formulir/Cash Bill: adalah bukti pembayaran transaksi produk dan perekrutan yang disahkan oleh Perusahaan, di tandatangani dan distempel oleh Perusahaan dan Stock Center (SC). 
  •  Kode Etik: adalah peraturan yang merupakan ketentuan-ketentuan untuk berbisnis dan dari waktu ke waktu dapat diubah atau direvisi oleh Perusahaan. Kode Etik ini berlaku di wilayah Indonesia ( dan luar negeri ketika perusahaan sudah membuka secara resmi HERBALLOVE di Negara tersebut). 
  • Pelimpahan: adalah pengalihan hak keanggotaan seorang Distributor kepada Calon Distributor sesuai dengan ketentuan-ketentuan Perusahaan. 
  • Program: adalah program Marketing Plan atau program lain yang di tetapkan oleh Perusahaan. 
  • Support System : Wadah Pelatihan & Training yang dibentuk Dari, Oleh dan Untuk Distributor dan dilakukan oleh Leader – leader yang ada di Perusahaan dan Trainer – trainer yang ditunjuk oleh Pihak Manajemen. 

  

BAB III 

MENJADI SEORANG DISTRIBUTOR HERBALLOVE NUSANTARA JAYA 

 

· Aplikasi: seseorang yang berminat menjadi Distributor harus disponsori oleh seorang Distributor yang sah dan wajib mengisi formulir pendaftaran resmi yang didapat dari sponsornya atau langsung melalui kantor pusat atau SC.  Pendaftaran, calon Distributor wajib terlebih dahulu membaca secara seksama isi dari pada formulir pendaftaran. Dengan ditanda tanganinya formulir tersebut dianggap bahwa yang bersangkutan telah menyetujui segala ketentuan yang tertera dalam formulir pendaftaran. 

· Penerimaan atau Penolakan atas Formulir Pendaftaran: Perusahaan dengan pertimbangannya sendiri, berhak menerima atau menolak formulir aplikasi seorang pemohon tanpa harus menjelaskan apapun. 

· Persyaratan menjadi Distributor: syarat-syarat untuk menjadi seorang Distributor adalah sebagai berikut: 

o Warga Negara Indonesia berusia minimal 17 tahun, berdasarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dipunyainya, atau dokumen lain yang setara. 

o Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak sedang dicabut hak-haknya sebagai subjek hukum. 

o Dengan disetujuinya keanggotaan seseorang menjadi Distributor, maka dengan sendirinya Distributor yang bersangkutan terikat dengan ketentuan-ketentuan dan atau peraturan-peraturan yang terdapat baik dalam Kode Etik maupun Peraturan Perusahaan. 

 

BAB IV 

HAK DAN KEWAJIBAN DISTRIBUTOR 

 

Distributor HERBALLOVE dalam aktifitasnya sebagai Distributor mempunyai hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai berikut:   

a. Hak-hak Distributor 

  • Mendapatkan produk-produk serta bukti pembayaran yang sah (cash bill) dari setiap produk di tempat-tempat yang telah di tentukan oleh perusahaan. 
  • Mendapatkan bonus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  • Mensponsori dan mengembangkan downline dalam jumlah tidak terbatas. 
  • Mendapatkan Kartu keanggotaan (dalam proses). 
  • Mendapatkan layanan informasi melalui sms info, wa info, web resmi perusahaan (www.herballoveasia) dan pembelian produk baik di perusahaan maupun di Stock Center yang terdaftar di perusahaan. 
  • Mendapatkan pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Kantor Pusat / Perusahaan dan atau Support System. 
  • Menduduki jenjang karir dan menikmati penghasilan yang lebih besar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  

b. Kewajiban-kewajiban Distributor 

Menjalankan bisnis dan aktifitasnya berdasarkan etika berbisnis yang baik sebagaimana umumnya dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Perusahaan yang berlaku. 

Menjaga nama baik Perusahaan. 

Dapat bekerjasama dengan sesama Distributor, Support System maupun Stock Center di dalam mengembangkan usaha di PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA. 

Menjaga keutuhan serta keharmonisan dengan para Leader, Distributor, Stock Center dan Support System 

 

BAB V 

KEWAJIBAN PERUSAHAAN 

 

HERBALLOVE sebagai Perusahaan Multi Level Marketing tidak akan melakukan hal sebagai berikut:  

  • Menjual barang atau jasa secara tidak benar atau berbeda atau bertentangan dengan keadaan yang sebenarnya.
  • Mengharuskan Distributor untuk membeli barang dan atau jasa dalam jumlah besar melebihi kemampuan penjual.
  • Melakukan perdagangan yang terkait dengan pemberian imbalan / kompensasi yang tidak wajar.
  • Melakukan kegiatan usaha perdagangan di luar ijin yang di berikan.   

 

BAB VI 

KEANGGOTAAN, SPONSORISASI, AKTIFITAS, 

PRESENTASI PRODUK,  NAMA DAGANG & MERK DAGANG 

KEANGGOTAAN  

 

  • Masa keanggotaan adalah seumur hidup
  • Seorang distributor hanya mempunyai 1  nomor keanggotaan; 

SPONSORISASI 

  • Distributor yang sah dapat mensponsori Calon Distributor. ·
  • Distributor dilarang mempengaruhi, mengajak atau merekrut downline Distributor / orang lain untuk menjadi downline nya dan atau di daftarkan kembali. 
  • Distributor tidak diperkenankan mendaftarkan diri dengan mempergunakan nama orang lain dengan maksud untuk perpindahan garis sponsor. 

  

AKTIVITAS 

Seorang Distributor dalam menjalankan bisnisnya dilarang untuk memberi kesan bahwa ada hubungan kekaryawanan dengan perusahaan kepada siapapun juga, termasuk iming-iming peluang untuk jadi karyawan. Dan karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadinya apabila timbul suatu akibat hukum disebabkan karena tindakannya itu. 

  • Seseorang Distributor adalah penyalur yang mandiri, tidak mempunyai hubungan langsung dengan perusahaan, oleh karena itu seorang Distributor tidak diijinkan mengatasnamakan Perusahaan dalam segala tindakan dan atau berkaitan dengan pihak lain. 
  • Seorang Distributor tidak dapat mengklaim bahwa ia mempunyai wilayah khusus dalam aktifitasnya sebagai Distributor. 
  • Seorang Distributor dalam menjalankan aktifitasnya wajib berlandaskan pada etika berbisnis yang baik sebagaimana umumnya dan berpedoman pada Kode Etik ini dan atau peraturan Perusahaan lainnya. 

PRESENTASI 

  • Distributor wajib menerangkan secara jujur dan lengkap produk serta program HERBALLOVE dengan tidak memberikan sembarang jaminan atas produk serta program tersebut kecuali sebagaimana tertera di dalam brosurbrosur dan bahan-bahan cetak resmi dari Perusahaan. Distributor harus menitik beratkan pada komitmen Perusahaan terhadap pengawasan mutu atas produk. 
  • Distributor tidak diperkenankan membuat pernyataan dan atau kesaksian baik menyangkut produk dan ataupun program yang bertentangan dengan ketentuan yang berlaku. 
  • Distributor tidak diperkenankan menjanjikan kepada calon Distributornya mengenai kelebihan dan atau cara yang dibuat jaringan Distributor tertentu dan kemungkinan memperoleh penghasilan yang muluk-muluk dengan menggunakan rancangan Marketing Plan sendiri. 
  • PENGGUNAAN NAMA DAGANG & MERK DAGANG 
  • Distributor tidak diperkenankan untuk menggunakan nama dagang dan atau merk-merk dagang Perusahaan tanpa adanya ijin tertulis terlebih dahulu dari Perusahaan. Penggunaan nama dagang dan merek-merek dagang Perusahaan tersebut harus pada tempatnya. 
  • Distributor tidak diperkenankan mengiklankan produk-produk atau program Perusahaan dengan menggunakan bahasa yang berbeda dari informasi atau literature tertulis yang diterbitkan Perusahaan. 

  

BAB VII 

BERAKHIRNYA KEDISTRIBUTORAN 

MENGUNDURKAN DIRI 

 

  • Seorang Distributor dapat mengundurkan diri dengan cara menyerahkan surat permohonan pengunduran diri kepada Perusahaan, dengan melampirkan pemberitahuan tertulis kepada uplinenya. 
  • Segala akibat hukum yang timbul dari pihak ketiga berkenaan dengan aktivitas / bisnisnya terhadap Distributor setelah pengunduran dirinya sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya pribadi.
  • Seorang Distributor boleh berpindah sponsor/upline, apabila sudah tidak aktif (tidak menjalankan aktifitas bisnisnya dalam bentuk apapun) dengan upline/sponsor yang lama, minimal  selama 6 (enam) bulan. (Pengunduran diri dari sponsor lama).  

KEMATIAN 

Dalam hal Distributor meninggal dunia maka secara otomatis keanggotaannya akan berakhir. Keanggotaannya dapat beralih ke pasangan dan atau ahli waris yang sesuai dengan yang tercantum dalam formulir pendaftaran.   

PENCABUTAN 

Dalam hal diketahui / didapati adanya pelanggaran yang dilakukan Distributor yang menyebabkan dicabutnya keanggotaannya, maka berdasarkan Surat Keputusan Perusahaan berhak mengakhiri keanggotaan Distributor tersebut.  

JAMINAN PEMBELIAN KEMBALI 

Apabila distributor mengundurkan diri atau diberhentikan oleh perusahaan maka sisa barang yang belum terjual termasuk  bahan promosi (brosur, katalog, leaflet), dan alat bantu penjualan (staterkit) yang dalam kondisi layak jual dapat dijual kembali kepada perusahaan. dari pembelian awal mitra usaha ke Perusahaan wajib membeli kembali sisa barang tersebut dengan dikurangi biaya administrasi sebesar  sebanyak sepuluh persen (10%) dan dikurangi dengan nilai setiap manfaat yang telah diterima oleh distributor berkaitan dengan pembelian  barang tersebut.  

Barang yang dikembalikan adalah barang yang dibeli dalam waktu 12 bulan dari tanggal pembelian sesuai dengan kwitansi. 

PRODUK 

  • Distributor menjual produk Perusahaan sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Dilarang Undercutting ( menjual dibawah harga resmi perusahaan ). 
  • Distributor tidak diperkenankan mengemas ulang, menghapus, mencabut, merusak, mengganti segala label dan stiker yang tertera pada setiap kemasan produk, brosur ataupun alat bantu jual lainnya yang dikeluarkan Perusahaan yang dapat menimbulkan kesalahan pengertian konsumen. 
  • Distributor tidak diperkenankan dengan alasan apapun juga menjual produk-produk yang sudah kadaluarsa atau rusak. 
  • Distributor yang mempunyai toko, supermarket dan ataupun usaha penjualan eceran lainnya harus menjalankan bisnis HERBALLOVE secara terpisah dengan usahanya. Distributor wajib menjamin konsumen untuk mengirim produk HERBALLOVE kepada mereka dalam sikap selaku Distributor, bukan sebagai pemilik toko / supermarket. 
  • Distributor diberikan tenggang waktu selama  10 (sepuluh) hari kerja sejak menanda tangani formulir pendaftaran untuk memutuskan menjadi mitra usaha atau membatalkan pendaftaran dengan mengembalikan alat bantu penjualan (memberkit) yang telah diperoleh dalam keadaan seperti semula. Dan perusahaan akan mengembalikan biaya pendaftaran senilai tersebut. 
  • Distributor diberikan tenggang waktu 7 hari kerja untuk mengembalikan barang apabila ternyata barang tersebut tidak sesuai dengan yang di perjanjikan dalam brosur. 

Dalam waktu 7 hari sejak pembelian barang, distributor dapat mengembalikan barang  yang dinyatakan kerusakan akibat kesalahan dari pabrik, misalnya kebocoran botol, kemasan wraping dus sobek dll. 

 Perusahaan berhak untuk membatasi dan atau menghentikan pembelian produk seorang Distributor dan atau kelompok Distributor apabila diketahui / didapati adanya indikasi kecenderungan penimbunan produk untuk kepentingan pribadi dan atau kelompok Distributor dimanapun hal tersebut dapat mengganggu program Perusahaan. 

   

BAB VIII 

SANKSI- SANKSI 

 

Apabila Distributor diketahui / didapati melakukan pelanggaran terhadap kode Etik dan atau peraturan-peraturan dan atau ketentuan-ketentuan lain yang dikeluarkan oleh Perusahaan, maka berdasarkan pertimbangannya sendiri Perusahaan berhak untuk memberikan sangsi berupa: 

  • Teguran  
  • Peringatan  
  • Penghentian pembayaran bonus, insentif tertentu dll  
  • Pencabutan keanggotaan Distributor. 

 

BAB IX 

KETENTUAN – KETENTUAN LAIN 

 

  • Distributor dilarang terlibat dalam praktek tidak sehat dan menyalahi hukum dalam pengertian bahwa Distributor terlibat dalam praktek dagang yang illegal atau tidak sah secara hukum.. 
  • Distributor wajib menjaga nama baik Perusahaan dan tidak melakukan suatu perbuatan yang dapat berakibat mencemarkan dan atau menjelekan nama baik Perusahaan. 
  • Distributor tidak diperkenankan untuk menggunakan suatu aktifitas pertemuan HERBALLOVE untuk kepentingan lain, antara lain yang berhubungan dengan politik, SARA dan lain-lain. 
  • Distributor tidak diperkenankan untuk merubah, baik menambah dan atau mengurangi sedemikian rupa Marketing Plan yang sah yang dikeluarkan oleh Perusahaan untuk maksud tertentu. Dalam pengertian bahwa Distributor dilarang menciptakan system selain system yang ada dalam HERBALLOVE. 
  • Distributor wajib untuk tetap menjaga keutuhan serta kebersamaan dan keharmonisan dalam mengembangkan usaha dengan para Distributor, Leader, Stock Center, Support System yang dilandasi Visi, Misi dan Falsafah Perusahaan. 
  • Distributor yang dianggap meresahkan, menghasut dan atau cara apapun meyebabkan Distributor lain pindah / masuk sebagai anggota Perusahaan MLM lain atau Perusahaan yang sejenis maka akan langsung dicabut keanggotaannya. 

 

BAB X 

PENUTUP 

 

  • Ketentuan-ketentuan yang telah diatur secara spesifik dalam Kode Etik ini dianggap telah menggantikan ketentuan-ketentuan dalam Kode Etik sebelumnya. 
  • Hal-hal yang belum diatur dalam Kode Etik ini akan diatur lebih lanjut dalam surat keputusan Perusahaan dan apabila terdapat kesalahan-kesalahan dan atau kekeliruan akan segera diperbaiki dengan surat keputusan Perusahaan. 

- Perusahaan memiliki hak penuh untuk menambahkan/mengurangkan/ menyempurnakan ketentuan-ketentuan demi kelanjutan usaha. 

- Dalam hal adanya perubahan, perusahaan akan memberlakukan ketentuan tersebut setelah 1 bulan disosialisasikan kepada distributor. 

 

 

PERATURAN PERUSAHAAN  PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA 

 

  • Permohonan untuk menjadi distributor ini diajukan atas kemauan sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun. 
  • Distributor PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA bukan perwakilan agen resmi, karyawan PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA sehingga tidak mempunyai wewenang mengikat atau berbicara atas nama PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA. 
  • Distributor berwenang menjalankan kegiatan usahanya yaitu: mensponsori, membeli dan menjual produkproduk PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA dalam wilayah Republik Indonesia. 
  • Distributor hanya dapat memberikan pernyataan, deskripsi, penjelasan yang sesuai dengan publikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA. 
  • Distributor tidak akan melibatkan PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA apabila ada pernyataan atau suatu klaim baik lisan maupun tertulis yang melanggar ketentuan yang berlaku  dan Distributor harus mempertanggungjawabkannya secara hukum.  
  • Distributor mematuhi hakekat dari semua isi yang terkandung di dalam Kode Etik Distributor dan Garis-Garis kebijaksanaan PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA, peraturan-peraturan lain, termasuk perubahan-perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA, akan mendasari perjanjian antar PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA dengan Distributor , tanpa peretujuan lebih dahulu dari Distributor.  
  • Distributor tidak akan melakukan  penjualan produk-produk di bawah harga yang ditentukan oleh PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA atau menjual produk-produk di toko, supermarket, apotik, salon dan penjualan umum lainnya.  
  • Distributor memahami bahwa merupakan hal yang penting untuk mendapatkan persetujuan terlebih dahulu sebelum melibatkan diri dalam aktivitas usaha dan PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA berhak untuk menerima atau menolak semua permohonan.   · Semua data pribadi distributor yang termasuk menjadi milik PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA, dan jika disalurkan pada pihak ketiga semata-mata untuk kepentingan tujuan usaha.  
  • Bahwa logo atau trade mark perusahan adalah milik PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA sehingga distributor tidak berhak mengcopy, mencetak dan atau menggandakan tanpa seijin PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA.  
  • Distributor yang akan melibatkan diri dalam aktivitas usaha PT. HERBALLOVE NUSANTARA JAYA harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari  PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA dan PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA berhak menerima atau menolak semua permohonan.   
  • Pemohon dengan ini menyatakan bahwa keterangan yang diberikan adalah jujur dan benar, distributor memahami bahwa kedistributorannya dapat diambil alih/dibatalkan secara sepihak dan atau dapat diajukan ke pengadilan oleh PT.HERBALLOVE NUSANTARA JAYA apabila tidak memenuhi ketentuan-ketentuan yang tertera